Forumakademik – Tidak semua orang bisa mempresentasikan sesuatu dengan baik. Butuh latihan, teknik dan jam terbang yang tinggi agar sesuatu yang kita presentasikan terlihat menarik dan bisa ditangkap secara utuh oleh audien.

Kamu yang sekarang duduk di bangku sekolah, kuliah, atau yang sudah terjun didunia kerja mutlak harus bisa presentasi karena suatu saat pasti akan mendapat tugas mempresentasikan sesuatu di depan orang banyak.

Agar bisa jago dan hebat melakukan presentasi, trik dan rahasia presentasi yang dilakukan Steve Jobs, Sang Pendiri Apple, wajib kamu pelajari.

Steve Jobs tercatat selalu sukses membuat audien terpana saat ia mendapat kesempatan memperkenalkan produk terbaru perusahaannya. Berikut rahasianya :

  1. Kuasai Materi Presentasi

Tentang penguasaan materi, Steve Jobs bisa kamu jadikan referensi. Penguasaan terhadap materi akan sangat menentukan kesiapan mental di depan audien.

 

  1. Suara Harus Lantang dan Jelas

Tidak mungkin orang lain mendengarkan presentasimu jika suaramu seperti orang yang sedang berbisik. Audien pun akan cepat merasa bosan jika yang didengar tidak jelas di telinga mereka.

Bicaralah di depan para audien dengan suara yang lantang seperti yang dilakukan Steve Jobs dalam setiap presentasinya. Tidak heran, mengapa di setiap kesempatan menjelaskan produk Apple, ia selalu menjadi fokus perhatian penonton.

 

  1. Aktif dan Atraktif

Jangan hanya berdiri tegak ketika membawakan presentasi. Buatlah gestur tangan yang tidak berlebihan dan sekali-kali berjalanlah dari tempatmu berdiri.

Bahkan, kalau perlu sesekali mendekatlah ke penonton dan cobalah berkomunikasi dengan salah seorang diantara mereka agar lebih komunikatif.

Hindari selalu monoton melihat slide dan lebih fokuslah pada penonton seperti yang Steve Jobs lakukan. Karena itu, sekali lagi penguasaan materi sangatlah penting.

 

  1. Siapkan Kejutan

Buatlah kejutan yang membuat penonton tidak akan menyangka bahwa itu akan kamu lakukan. Seperti ketika peluncuran MacBook Air, di layar slide tampak sebuah map yang katanya berisikan MacBook Air. Tanpa disangka Steve Jobs membawa map tersebut ke dalam panggung. Penonton pun dibuat berdecak kagum olehnya.

 

  1. Lakukan Persiapan Secara Detail

Sebagai sosok yang sangat perfeksionis, Steve Jobs selalu teliti dan detail. Meskipun jam terbang presentasinya sudah tinggi, ia tetap rutin melakukan latihan sebelum presentasi diadakan. Latihan ini sangat berguna untuk kesiapan psikologis dan penguasaan materi.

 

  1. Siapkan Slide yang Menarik

Slide yang hanya berisikan tulisan akan sangat membosankan. Lebih baik perbanyak gambar ilustrasi baik dalam gambar maupun grafik. Dalam presentasi Steve Jobs, slidenya sangat jarang memuat tulisan, dan kalaupun ada hanya berupa poin-poin penting.

 

 

 

Penulis : Ahmad H.