Back

Masalah dan Urgensi Penelitian PTK yang Perlu Diketahui Peneliti

MENCARI PERMASALAHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Penelitian ilmiah pada dasarnya adalah usaha mencari kebenaran perolehan makna tentang sesuatu yang dikaji. Memahami makna berarti memahami hakikat suatu keberadaan, fakta dan kejadian-kejadian sebagai suatu kausalitas. Tidak terkecuali pada penelitian tindakan dimana merupakan intervensi dalam dunia nyata serta pemeriksaan terhadap pengaruh yang ditimbulkan dari intervensi tersebut. Selanjutnya penelitian tindakan adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan melalui proses diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya.

Beberapa hal terkait salah satu penelitian tindakan yaitu PTK didalam dunia Pendidikan adalah bahwa :

  • PTK diawali dilakukan dengan merefleksi diri, yaitu suatu proses analisis melalui perenungan tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang telah dilakukannya , sehingga dari hasil refleksi guru dapat merasakan dan menemukan masalah
  • PTK ditandai dengan adanya tindakan atau perlakuan tertentu yang direncanakan terlebih dahulu untuk memecahkan maalah yang dirasakan
  • Dalam PTK dilaksanakan analisis pengaruh yang ditimbulkan melalui observasi

Melalui PTK guru dapat mengembangkan model-model mengajar yang bervariasi, pengelokaan kelas yang dinamis dan kondusif, serta penggunaan media dan sumber belajar yang tepat dan memadai. Dengan penerapan hasil-hasil PTK secara kesinambungan diharapkan proses belajar mengajar di sekolah tidak kering dan membosankan serta menyenangkan siswa.

Selanjutnya, dapat dijabarkan bahwa PTK itu sendiri memiliki karakteristik yang khas yaitu :

  • Masalah PTK berasal dari guru, adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. Dengan perkataan lain, guru merasa bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam praktik pembelajaran yang dilakukannya selama ini dan berbaikan tersebut diprakarsai dari dalam diri guru sendiri, bukan oleh orang dari luar. Tegasnya, kepedulian guru terhadap kualitas pembelajaran yang dikelolanya merupakan awal dari munculnya masalah yang perlu dicari jawabannya. Hal ini berbeda dengan penelitian biasa, yang secara umum adanya masalah ditandai oleh peneliti yang biasanya berasal dari luar lingkungan yang mempunyai masalah tersebut.
  • Penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau objek atau tempat lain sebagai responden, maka PTK mempersyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui refleksi diri. Ini berarti guru mencoba mengingat kembali apa yang dikerjakannya di dalam kelas, apa dampak tindakan tersebut bagi siswa dan kemudian yang terpenting guru mencoba memikirkan mengapa dampaknya seperti itu. Data dikumpulkan dari praktik sendiri, bukan dari sumber data yang lain. Pengumpulan data adalah guru yang terlibat dalam kegiatan praktik sehingga dalam hal ini guru mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai guru dan sebagai peneliti. Metodologi yang digunakan agak longar, namun data dikumpulkan secara sistematik sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian dan rencana yang dibuat.
  • Penelitian tindakan kelas dilakukan didalam kelas, penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
  • Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran, perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus selama kegiatan penelitian dilakukan. Oleh karena itu, dalam PTK dikenal adanya siklus pelaksanaan berupa pola. Perencanaan pelaksanaan observasi refleksi revisi (perencanaan ulang). Ini tentu berbeda dengan penelitian biasa, yang biasanya tidak disertai dengan perlakuan yang berupa siklus. Ciri ini merupakan ciri khas penelitian tindakan, yaitu adanya tindakan tertentu yang dilakukan berulang-ulang sampai didapat hasil yang terbaik.

 

Tindakan tersebut dapat berupa penggunaan metode pembelajaran tertentu, penerapan strategi pembelajaran tertentu, pemakaian media dan sumber belajar tertentu, jenis pengelolaan kelas tertentu, atau hal-hal yang bersifat inovatif lainnya. Oleh karena itu, penelitian di kelas yang tanpa memberikan tindakan apa-apa untuk perbaikan praktik pembelajaran bukanlah PTK.

 

URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Seperti penelitian tindakan pada umumnya, ada sejumlah tujuan yang ingin dicapai oleh pelaksanaan PTK. Urgensi penelitian tindakan kelas meliputi tiga hal, yakni :

  • Peningkatan praktik, pada umumnya tujuan penelitian adalah untuk menemukan atua untuk menggeneralisasikan sesuatu terlepas dari kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada umumnya. Oleh karenanya, hasil sebuah penelitian kadang-kadang sulit untuk bisa diterapkanoleh praktisi di lapangan. Hal ini berbeda dengan PTK. Masalah yang dikaji oleh peneliti adalah masalah yang dirasakan oleh para praktisi misalnya, oleh guru ketika melakukan proses pembelajaran di dalam kelas, tujuan yang ingin dicapai oleh PTK adalah untuk meningkatkan kualitas praktik di lapangan. Dengan demikian, dalam pelaksanaannya guru terlibat secara langsung dari mulai merancang sampai melaksanakan PTK itu sendiri terlepas dari siapa yang melaksanakan PTK itu.
  • Pengembangan professional, PTK adalah salah satu sarana yang dapat mengembangkan sikap professional guru. Melalui PTK guru akan selalu berupaya meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan proses pembelajaran. Guru akan selalu dituntut untuk mencoba hal-hal yang dianggap baru dengan mempertimbangkan pengaruh perubahan dan perkembangan sosial.
  • Peningkatan situasi tempat praktik berlangsung, PTK adalah salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menguji dan sekaligus memanfaatkan berbagai rekayasa teknologi untuk meningkatkan kualitas mengajarnya dengan penjelasan diatas, maka yang sangat berkepentingan terkait dengan pelaksanaan PTK adalah guru itu sendiri. Sebab PTK didesain untuk guru.

 

 

Leave A Reply