ForumakademikMulai sekarang temans tidak perlu bingung bagaimana cara mengoptimalkan potensi diri. Karena, secara prinsip, tidak ada yang sulit di dunia ini jika kita berusaha memahami ilmunya. Apalagi, masing-masing orang oleh Tuhan sudah dibekali kelebihan dan potensinya sendiri-sendiri.

Kecuali, temans yang memang tidak pernah mau berusaha memahami ilmunya maka sampai kapan pun tidak akan bisa memaksimalkan anugerah Tuhan berupa potensi yang luar biasa itu.

Padahal, menurut John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul Your Road Map for Success dijelaskan, agar potensi diri seseorang menjadi luar biasa cukup melakukan 4 hal berikut :

1.Berkonsentrasi Pada Tujuan Utama

Fokus adalah langkah utama dalam mengembangkan suatu potensi. Jangan memiliki banyak tujuan yang hanya mengakibatkan kamu kehilangan semua. Lepaskan tujuanmu yang lain demi tercapainya satu tujuan utama dan prioritas.

 

2.Berfokuslah Untuk Terus Mengembangkan Diri

Manusia yang baik adalah manusia yang lebih baik dari kemarin. Berkomitmenlah untuk selalu mengembangkan dirimu setiap hari. Perbanyak interospeksi diri agar mengetahui bagaimana caranya agar  menjadi pribadi yang lebih baik.

 

3.Lupakanlah Masa Lalu

Dalam bahasa kekinian, hal ini disebut move on. Lepaskan dirimu dari bayang-bayang masa lalu agar bisa menatap masa depan dengan baik. Jadikan pengalaman di masa lalu sebagai pelajaran bukan penghalang. Potensi yang kamu miliki terlalu berharga untuk dihambat oleh masa lalu.

 

4.Berfokuslah Pada Masa Depan

Kalau kamu sudah berhasil move on, langkah selanjutnya adalah berfokuslah terhadap apa yang ada di depanmu. Tataplah masa depan dan raih dia dengan potensi yang kamu miliki.

 

 

 

Penulis :   Ahmad H.