Forumakademik – Meskipun sibuk di industri seni dan hiburan, banyak artis K-Pop dan K-Pop idol tetap serius sekolah dan berkuliah, lho. Tidak hanya lanjut ke jenjang sarjana atau S1, para bintang hallyu ini semangat menekuni pendidikan sebagai mahasiswa sampai jenjang S2, bahkan S3.

Salah satunya yaitu para member BTS yang berkuliah di sela aktivitas bermusik. Seperti RM, Suga, J-Hope, Jimin, Jin, dan V, kini menempuh S2 di Hanyang Cyber University. berikut artis K-Pop dan K-Pop idol yang tetap serius sekolah dan berkuliah di tengah padatnya jadwal mereka.

Member BTS

Di tengah kesibukan anggota BTS, rupanya mereka mampu menyelesaikan studi sarjana mereka. Seakan tak puas dengan ilmu yang didapat, 5 anggota BTS melanjutkan pendidikan ke sekolah pascasarjana untuk meraih gelar master. Dilansir dari Soompi, Metro News melaporkan bahwa enam anggota BTS terdaftar di Hanyang Cyber University.

Sebelumnya pada tahun 2017, Jin BTS lebih dahulu mendaftar di sekolah pascasarjana di Hanyang Cyber University. Menurut laporan itu, lima anggota BTS lainnya baru-baru ini mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Cyber Hanyang.

Kelima anggota BTS tersebut mendaftar untuk program Masters of Business Administration (MBA) untuk Media dan Periklanan. Laporan ini pun sudah diklarifikasi oleh BigHit Entertainment.

“RM, Suga, dan J-Hope mendaftar di sekolah pascasarjana Universitas Hanyang Cyber untuk gelar MBA di Advertising & Media pada bulan Maret tahun lalu dan mereka sedang bersekolah. “Jimin dan V akan memasuki sekolah pascasarjana Universitas Hanyang Cyber untuk gelar MBA di bidang Periklanan & Media pada bulan September.” Menurut BigHit, Jin juga tengah menempuh pendidikan di Hanyang Cyber University.

Sementara anggota termuda, Jungkook kini tengah menempuh pendidikan di Global Cyber University dengan jurusan Broadcasting and Entertainment. Karena kekhawatiran seputar COVID-19, wawancara untuk sekolah pascasarjana dilakukan melalui panggilan video online.

Taeyang Bigbang

Taeyang juga memiliki gelar master untuk Producing Performances dan Images dari Daejin University.

Thesis yang dibuatnya bahkan sempat beredar di internet yang mengangkat tentang fenomena band-nya, BIGBANG yang berjudul “The Influence of BIGBANG 2015 World Tour [MADE] on the Sustainability of the Korean Wave”. Kabarnya thesis milik Taeyang ini bisa diakses di perpustakaan nasional Korea dalam bahasa Korea.

Changmin TVXQ

Max Changmin dikenal sebagai personel TVXQ yang cerdas bahkan hingga dijuluki Genius Changmin. Pria yang pernah belajar di Konkuk University ini mengaku memiliki IQ 150/152.

Kendati memiliki karier yang cemerlang, pria kelahiran 18 Februari 1988 ini juga tetap mementingkan pendidikannya lho. Ia ternyata sudah menempuh pendidikan hingga S3.

Pendidikan S1-nya ditempuh di jurusan musik postmodern di Universitas Kyung Hee. Kemudian, ia melanjutkan S2 di Universitas Konkuk mengambil jurusan Film dan Seni. Setelah itu, ia mengambil S3 di Universitas Inha.

G-Dragon

Kelincahan rapper G-Dragon ternyata bukan tanpa alasan. Dia merupakan lulusan Studi Olahraga dari Gukje Digital University.

Awalnya, pemilik nama lengkap Kwon Ji Yong itu diterima di Jurusan Musik Modern di Kyung Hee University. Hanya saja, karena kesibukannya berkarier bersama boyband Bigbang, G-Dragon pindah ke Jurusan Studi Olahraga.

Sojin girl’s day

Sojin adalah anggota tertua girl bandGirl’s Day. Dia memilih jurusan yang cukup out of the box dari kebanyakan idol K-pop, yaitu teknik mesin di Universitas Yeungnam.

Pemimpin grup dan vokalis utama Girl’s Day ini awalnya sempat mendapat reaksi negatif tentang penerimaannya di kampus tersebut, tapi dia segera membuktikan bahwa dirinya pantas mendapatkan tempatnya.

Selama masa kuliahnya, dia adalah 1 dari 8 cewek di jurusannya yang terdiri dari 1.000 siswa. Walau awalnya dia mau menjadi dokter, Sojin tetap berhasil menjadi yang terbaik di kelasnya dan lulus dengan nilai tinggi, bahkan ia masuk universitas dengan beasiswa. Juara banget!

Taecyeon 2PM

Aktif berkegiatan sebagai personel 2PM dan aktor ternyata tak membuat Ok Taec-yeon melupakan pendidikannya. Setelah lulus dalam program Bisnis Administrasi di Universitas Dankook, tahun 2013 lalu rapper 2PM ini melanjutkan S2 di Korea University Graduate School untuk study Ilmu Sosial dan Humaniora di Administrasi Bisnis Internasional.

Xiumin EXO

Di balik popularitasnya sebagai personel EXO, Xiumin tetap mengutamakan pendidikannya lho. Setelah menamatkan program magisternya (S2) di jurusan musik Catholic Kwandong University pada 2014 lalu.

Cowok bernama asli Kim Min-seok ini pada tahun 2017 lalu diam-diam mendaftar untuk program doktoral di Universitas Hoseo.

Eits, selain ketujuh orang tersebut, masih banyak kok idol K-Pop yang juga menempuh pendidikan hingga jenjang S2. apakah idolamu termasuk ada di sini..??

 

 

Sumber : www.idntimes.com

Penulis : Yoga Akbar