ForumakademikMasa perkuliahan merupakan waktu yang efektif bagi seorang mahasiswa untuk menggali potensi diri menjadi manusia penuh inspirasi dalam menggapai masa depan yang cemerlang.

Oleh karena itu, masa-masa menjadi mahasiswa adalah waktu yang baik untuk mengukir karya dan prestasi yang bermanfaat untuk masa depan. Hal-hal berikut bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan inspirasi dalam mengisi waktu-waktumu disela-sela kesibukan mengikuti jadwal perkuliahan yang padat :

  • Banyak berdiskusi dengan para interpreneur muda

Di kawasan tempat kamu kuliah pasti akan banyak ditemui para interpreneur (pengusaha) muda yang memulai menggeluti usaha baik yang sudah beromzet besar maupun mereka yang masih berjuang menjadi pengusaha sukses beromzet milyaran rupiah.

Banyak dari para pengusaha muda ini adalah mereka yang juga masih aktif menjalani perkuliahan di kampus. Dengan bersosialisasi dan menjalin keakraban dengan mereka kamu akan menemukan ide-ide baru yang tidak ditemui di bangku kuliah.

Menyelami pengalaman mereka akan menjadi ilmu luar biasa dan akan membentuk kamu menjadi mahasiswa dengan segudang kreatif dimasa mendatang.

 

  • Meluangkan Waktu untuk Melestarikan Hobi dan Kecenderungan yang Positif

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa hobi yang positif bisa jadi akan menjadi ujung tombak dan kekuatan besar bagi kesuksesanmu mengukir karya di masa mendatang. Tidak jarang kita temui banyak orang sukses menghasilkan karya-karya besarnya dari hobinya sejak kecil.

Apalagi hobi yang digeluti sejalan dengan disiplin keilmuan yang digeluti diperkuliahan. Kalaupun tidak sejalan dengan bidang keilmuan di kampus juga sangat baik untuk terus dikembangkan.

Bagi kamu yang hobi menulis misalnya berusahalah untuk terus dikembangkan dengan menulis apapun yang menarik di sekitarmu. Pun bagi yang hobi berjualan mulailah dengan membidik potensi di sekitar kampusmu untuk jadi lahan bisnis kecil-kecilan. Termasuk bagi hobi-hobi lain yang bersifat positif, apapun itu.

 

  • Mengisi Waktu Nongkrong Dengan Berdiskusi Hal-Hal Positif

Aktivitas nongkrong pasti akan sangat lekat dengan kegiatanmu di kampus. Kegiatan ini selalu menjadi pilihan mahasiswa untuk menghilangkan penat dan kejenuhan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Agar kegiatan ngobrol dengan teman-temanmu tidak hanya jadi ajang menghabiskan waktu dengan canda gurau yang tidak perlu, isilah dengan topik bahasan ringan dan menarik dengan saling share pengalaman positif yang bisa dikembangkan bersama-sama.

 

  • Ikut Organisasi yang Bisa menumbuhkan Kepekaanmu Sebagai Intelektual Muda yang Berguna Bagi Masyarakat

Ikut organisasi saat kuliah adalah kegiatan yang tidak boleh kamu tinggalkan. Sebab, pengalaman berorganisasi akan membantuk jati dirimu untuk bekal hidup di masyarakat. Dunia kerja di era global ini juga membutuhkan tenaga proesional yang memiliki pengalaman berorganisasi yang memadai.

Hanya saja, kamu harus peka dan mencari informasi yang cukup sebelum memutuskan diri terjun pada organisasi kampus baik intra maupun ekstra kampus. Hati-hati dengan organisasi yang berpotensi mengubah karaktermu menjadi mahasiswa eksklusif seperti senior-seniormu yang terjebak organisasi teroris dengan dalih apapun.

Banyak organisasi di kampus yang akan mendidikmu menjadi manusia aktif dan penuh inspirasi baik saat kuliah maupun saat terjun di dunia kerja nantinya. Yang terpenting, kegiatanmu diorganisasi jangan sampai memporak-porandakan tujuan utamamu mengikuti jadwal perkuliahan dengan sempurna.

Oleh karena itu, kegiatanmu diorganisasi akan mendidikmu bagaimana mengatur waktu yang baik antara jadwal perkuliahan dengan mencari pengalaman di luar perkuliahan.

 

 

Penulis : H. Yanti