Forumakademik – The key to success is not hard working but smart working. Kunci sukses bukan dengan bekerja keras namun bekerja cerdas. Pepatah ini sangat cocok dengan kondisi yang sekarang dimana persaingan semakin lama semakin keras.

Pepatah ini harus dimaknai produktivitas kerja harus terus dipacu dengan cara-cara yang cerdas. Hasil riset yang dilakukan CamMi Pham seperti yang dilansir medium.com, ada tujuh hal yang harus dihindari agar produktivitas semakin meningkat.

  1. Jangan Bekerja Terlalu Lama

Pada tahun 1926, Henry Ford melakukan eksperimen dengan menurunkan jam kerja yang semula sepuluh jam perhari menjadi delapan jam perhari, dan enam hari kerja dikurangi menjadi lima hari kerja. Hasilnya? Produktivitas pabrik mobilnya pun meningkat.

 

  1. Jangan Mengatakan “Ya” Terlalu Sering

Dengan selalu mengatakan “ya” akan membuat kita melakukan semua pekerjaan. Hal tersebut akan membuat kita melakukan poin nomor satu. Pilihlah mana yang benar-benar mampu kamu kerjakan sehingga hasilnya pun akan lebih baik.

 

  1. Hentikan Melakukan Semuanya Sendiri dan Mintalah Bantuan Orang Lain

Manusia memiliki batasan dirinya masing-masing. Jangan memaksa dirimu melakukan semuanya sendirian. Mintalah bantuan orang lain agar pekerjaanmu menjadi lebih ringan. Setidaknya meskipun mereka tidak membantu, berada di sekeliling mereka akan membuatmu lebih produktif

 

  1. Berhenti Menjadi Perfeksionis

Dr. Simon Sherry, Profesor Psikologi daru Dahousie University menyatakan bahwa semakin perfeksionis seseorang, semakin sedikit tingkat produktivitasnya.

Baca Juga : Jangan Ngaku Perfeksionis Kalau Belum Memenuhi Kriteria-Kriteria Ini

Untuk kamu yang tidak tahu apa ciri seorang perfeksionis, coba baca “Jangan Ngaku Perfeksionis Kalau Belum Memenuhi Kriteria-Kriteria Ini”

 

  1. Hentikan Pekerjaan yang Berulang-Ulang Menjadi Otomatis

Reuse merupakan istilah penggunaan kembali sesuatu yang sudah ada untuk membentuk sesuatu yang baru. Daripada membuat sesuatu yang sama berulang-ulang, buatlah menjadi otomatis, misal membuat suatu template sebuah dokumen.

 

  1. Berhenti Menebak dan Buat Keputusan Dengan Data

Kalian pasti tahu Sherlock Holmes kan? Holmes tidak pernah membuat suatu deduksi tanpa fakta. Karena itu dalam melakukan pekerjaan kita, usahakan untuk tidak menebak-nebak dan bergantunglah terhadap data-data yang ada.

 

  1. Berhenti Bekerja untuk Beristirahat

Seperti yang telah disebutkan pada poin nomor tiga, manusia memiliki batasan-batasan tertentu. Karena itu apabila kamu merasa lelah, berhentilah sejenak dan lakukan hal yang membuat kamu lebih santai seperti berjalan-jalan di taman sendirian.

 

 

Penulis: Ahmad H.