Back

Do’s & Don’ts Lamar Kerja Via Email

Forumakademik – Akhir-akhir ini, apply lamaran kerja melalui email sudah bukan hal tabu lagi. Hampir beberapa info loker (lowongan kerja) mensyaratkan pelamar untuk mengirim lamaran kerja serta persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan melalui email.

Namun tahukan temans jika dalam mengirim lamaran kerja melalui email juga ada etikanya?

Pastikan temans tidak melanggar beberapa hal dibawah ini jika temans berharap lamaran yang dikirim mendapat perhatian dari HRD.

Berikut ini Do’s & Don’t’s yang perlu temans tahu dalam mengirim lamaran kerja melalui email :

Do’s

  1. Pastikan data temans lengkap. Periksa kembali semua persyaratan dan data yang harus diisi. Jangan sampai kurang karena jika ada persyaratan yang tidak lengkap, temans secara otomatis akan tereliminasi.
  2. Pastikan data temans update. Kelengkapan data memang penting, namun ke-update-an data temans juga tidak kalah pentingnya. Misalnya saja tentang foto diri yang harus dilampirkan. Maupun berkas-berkas yang harus dikirimkan usahakan selalu update ya temans..
  3. Isi badan email. Dilansir dari The Balance Careers, jangan lewatkan untuk mengisi body atau badan email karena hal ini dapat berfungsi sebagai cover letter. Adapun poin-poin yang perlu temans isi dalam badan email adalah sebagai berikut:

a.  Alasan mengapa temans mengirim email tersebut

b.  Informasi tentang posisi yang temans apply

4. Gunakan Bahasa formal. Ini penting ya temans, selalu pastikan menggunakan Bahasa formal baik dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

5. Kirim email pada jam kerja. Jangan lupa ya temans!! etika dalam mengirim lamaran kerja dengan email, perhatikan waktu pengirimannya ya. Usahakan untuk mengirim email di jam-jam kerja yaitu antara pukul 08.00-17.00. Meski demikian, waktu yang dianggap optimal untuk mengirim email adalah antara pukul 10.00 – 11.00 dan juga antara pukul 14.00 – 15.00.

 

Don’ts

  1. No Subject. alias tidak mencantumkan subject email. Pastikan temans menmulis subject dengan singkat, padat dan jelas.
  2. Posisi apa aja boleh. please teman semua hindari memberikan keterangan seperti ini ya saat mengirim lamaran kerja via email. Temans semua harus memiliki jati diri sesuai dengan kompetensi, alih-alih mengiba seperti ini. Karena secara tidak langsung hal tersebut menggambarkan personality teman-teman
  3. Tidak attach CV. jangan lupa ya temans! Karena ini krusial dan penting
  4. Banyak typo. make sure temans sudah memeriksa tulisan temans semua baik di badan email maupun file-file yang harus dikirimkan.
  5. Nomer kontak tidak dapat dihubungi. kalau hal ini tidak terpenuhi bisa berabe ya temans. Karena nomer kontak itu penting agar pihak HRD bisa menjangkau temans selain lewat email. Karena terkadang untuk melihat keseriusan temans semua, HRD akan menghubungi temans semua lewat nomer HP.
  6. Salah sebut nama perusahaan. gawat gawat, lebih baik temans semua mundur alon-alon karena ini sangat sangat sangat fatal.

 

 

 

 

 

Penulis : F. Dea

 

Leave A Reply