ForumakademikPernahkah kamu berpikir bagaimana caranya membuat sebuah esai yang bagus hanya dalam satu hari saja? Mungkin sebagian orang berpikir bahwa membuat esai dalam satu hari dirasa masih sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Apalagi harus membuatnya dalam sehari. Banyak yang beranggapan hasilnya kurang memuaskan.

Bagi kamu yang masih merasa belum bisa membuat esai yang bagus hanya dalam satu hari, kami mempunyai beberapa langkah-langkah yang bisa kamu coba. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih Tema

Memilih tema adalah langkah paling penting dalam membuat sebuah esai. Pilihlah tema yang menarik atau yang sedang hangat-hangatnya menjadi perbincangan publik. Kamu juga bisa memilih tema berdasarkan masalah yang sedang terjadi di lingkungan sekitarmu. Dengan tema yang menarik, membuat pembaca akan meluangkan waktunya untuk membaca esai yang kamu buat.

  1. Lakukan Mini riset

Ketika membuat sebuah esai jangan membuatnya asal-asalan dengan berita yang belum pasti dan tidak ada fakta yang jelas.

Lakukanlah mini riset dari buku atau internet berdasarkan tema yang telah kamu pilih sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung argumen yang akan kamu tulis dalam esaimu.

Semakin jelas data pendukung yang ada dalam esaimu, semakin bagus juga esai yang kamu buat.

  1. Aturlah Deadline

Aturlah deadline untuk membuat esai dengan menargetkan satu hari saja. Gunakan 10-15 menit untuk mencari dan mendapatkan sebuah masalah, 20 menit untuk melakukan mini riset, 10-15 menit untuk membuat outline. Sementara untuk membuat bagian introduction, isi, dan penutup gunakan waktu sekitar 30 menit saja.

  1. Buat Outline

Membuat outline (kerangka) dari esai yang akan kamu buat sangat membantu dalam mengatur pikiran tentang topik kamu. Kamu dapat membuat daftar poin-poin dan argumen yang ingin kamu buat dalam topik esaimu. Dengan membuat sebuah outline, tulisan yang kamu buat tidak akan keluar dari tema.

  1. Tentukan Judul

Hal pertama yang dilihat pembaca ketika akan membaca sebuah esai adalah judul. Ketika judul esaimu menarik untuk dibaca, maka pembaca akan membaca esaimu. Maka dari itu, carilah judul yang unik dan tidak membosankan atau yang belum pernah orang buat.

  1. Introduction

Bagian awal dari sebuah esai ini mengungkapkan hal yang akan kamu bahas dalam esaimu. Dalam sebuah introduction, terdapat sebuah statement tentang suatu permasalahan yang akan kamu buat.

Buatlah statement dengan bahasa yang akan menimbulkan pertanyaan dan keingintahuan dari pembaca sehingga pembaca merasa penasaran dengan isi esaimu.

  1. Isi

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah esai. Pada bagian ini mengandung pembahasan dari masalah yang sudah kamu angkat, memperinci statement yang ada di bagian introduction, serta menjelaskan poin-poin dan argumen kamu. Sebisa mungkin gunakanlah data pendukung untuk memperkuat argumenmu.

  1. Penutup

Pada bagian terakhir ini, buatlah kesimpulan dari esaimu. Tuliskanlah kembali poin-poin yang ada di bagian isi dengan menggunakan bahasa lain dalam satu kalimat saja. Sebuah kesimpulan haruslah mewakili isi esai dan janganlah memunculkan ide atau topik baru pada bagian penutup ini.

 

Penulis : Agung K. Sukarno