Forumakademik – Tidak semua jurusan memiliki ketersediaan lapangan pekerjaan yang luas. Maka dari itu, untuk temans semua memilih jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan sangat penting temans lakukan.

Salah memilih jurusan, lowongan kerja dan lapangan pekerjaan yang menanti Anda cukup sulit didapat. Beberapa jurusan kuliah memang didesain untuk bekerja dan dibutuhkan di banyak perusahaan, tetapi ada yang sebaliknya.

Jika rencana temans langsung bekerja setelah lulus kuliah, sebaiknya memilih jurusan kuliah tertentu. Apalagi kalau jurusan tersebut banyak diminati perusahaan BUMN dengan gaji yang besar.

Berikut beberapa daftar jurusan yang biasanya menjadi favorit perusahaan BUMN dalam merekrut karyawannya:

1. Jurusan di Rumpun Ilmu Ekonomi Bisnis

Fakultas ekonomi dengan berbagai jurusan di dalamnya sejak dulu merupakan yang paling banyak peminatnya.

Jurusan seperti akutansi dan bisnis tentu akan selalu digunakan hingga kapanpun pada semua aspek industri. Hingga tahun 2021 jurusan ini banyak dicari banyak perusahaan khususnya BUMN. Diprediksi akan selalu meningkat beberapa tahun kedepan.

Seperti halnya jurusan akutansi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang dapat mengatur keuangan perusahaan. Mulai dari penghitungan untung-rugi, perencanaan keuangan perusahaan maupun yang lainnya.

Untuk itulah lulusan akuntansi sangat dibutuhkan dimana-mana.

Perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan ini juga tak hanya yang bergerak pada sektor perbankan saja tapi semua bidang.

Kelebihan dari karyawan lulusan akuntansi biasanya mereka sangat gesit, cekatan, detail dan mampu diandalkan.

Mereka juga diharapkan menjadi pribadi yang jujur dan mampu menjaga rahasia dikarenakan merekalah yang memegang aset perusahaan.

2. Ilmu Hukum

Indonesia memiliki undang-undang yang perlu dipatuhi oleh masyarakat termasuk pelaku usaha. Semua perusahaan baik yang besar maupun kecil memiliki hak dan kewajiban hukum yang harus dipahami.

Maka dari itu, lulusan ilmu hukum menjadi jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan.

Dengan keberadaan lulusan ilmu hukum, diharapkan perusahaan tersebut lebih aware dengan masalah perundang-undangan.

Lulusan ilmu hukum akan memberikan arahan terkait dengan peraturan perundangan dari masalah perusahaan hingga karyawan.

3. Ilmu Komunikasi

Secara mendasar, jurusan ini mempelajari ilmu komunikasi antar makhluk hidup. Baik manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar dan juga manusia dengan penciptanya.

Jika dihubungkan dengan dunia bisnis, ilmu ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antar perusahaan maupun antar karyawan.

Hal inilah yang membuat para lulusan ilmu komunikasi sering ditempatkan pada bagian HRD. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dari jurusan ini termasuk perusahaan BUMN.

Dikarenakan ilmunya yang bersifat umum lulusan dari jurusan ini dapat masuk ke sektor apa saja di perusahaan BUMN seperti sektor perbankan, kontraktor, maupun pariwisata.

4. Jurusan Psikologi

Untuk mengayomi puluhan hingga ribuan karyawan, perusahaan membutuhkan staf HRD yang kebanyakan lulusan psikologi. Ilmu yang didapatkan mengenai perilaku manusia sangat bermanfaat di dunia kerja.

Para lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk merangkul banyak karyawan. Lulusan psikologi juga menjadi jembatan antara perusahaan dan karyawan.

Tidak heran, banyak lowongan kerja untuk jurusan psikologi di berbagai perusahaan khususnya di perusahaan BUMN.

5. Jurusan Teknik Informatika (IT)

Saat ini, teknologi informasi merupakan suatu hal yang tak terpisahkan dalam hidup manusia. Kini semua sudah serba canggih dan online. Untuk itu, jangan heran jika lulusan jurusan teknik informasi menjadi sangat diminati. Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang dapat bekerja di perusahaan BUMN.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, staf IT dibutuhkan untuk menangani segala aspek teknologi di sebuah perusahaan.

Mereka yang membuat website perusahaan, program-program penunjang kinerja perusahaan, hingga mengembangkan dan membuat aplikasi yang sesuai.

Perkembangan pada jurusan ini, setiap hari selalu saja ada perkembangan baru. Membuat para mahasiswanya pun dikenal sebagai golongan yang sangat dinamis dan uptodate.

Seiring dengan perkembangannya yang kian pesat, kini hampir di seluruh universitas di Indonesia membuka studi di jurusan ini.

Para lulusan dari teknik informatika dapat melamar sebagai IT programmer ataupun staff IT maintenance di perusahaan BUMN.

6. Jurusan Teknik Sipil

Pembangunan yang sedang marak digalakkan di Indonesia, membuat para lulusan dari jurusan ini sangat menjadi incaran berbagai perusahaan BUMN.

Jika dlihat dari ilmu yang dipelajarinya teknik sipil merupakan jurusan kuliah yang mendalami tentang teknik rancang-bangun sebuah proyek atau bangunan yang dapat berupa gedung, sarana olahraga sampai pembangunan jembatan.

Pada teknik sipil, mereka tidak hanya belajar bagaimana cara membangun tapi juga memiliki fokus pada pemeliharaan bangunan agar dapat tahan lama.

Mereka juga yang akan menghitung cost, komposisi bahan bangunan dan perancangan konstruksi.

Itulah 6 jurusan yang sangat banyak diminati oleh perusahaan BUMN versi forumakademik.com.

Selain dari beberapa jurusan yang telah mimin sebutkan di atas, tentu masih banyak jurusan lain yang bisa dipilih dan setelah lulus bisa langsung kerja di perusahaan BUMN.

Penulis : Yoga Akbar